Home Bisnis dan Ekonomi Tinjau Mudik di Stasiun Gubeng Baru Surabaya, Wagub Jatim Emil Dardak Apresiasi Pelayanan KAI

Tinjau Mudik di Stasiun Gubeng Baru Surabaya, Wagub Jatim Emil Dardak Apresiasi Pelayanan KAI

by Redaksi
0 comment
Tinjau Stasiun Gubeng Baru Surabaya, Wagub Jatim Emil Dardak Apresiasi Pelayanan KAI

Surabaya, Nusajawa.id – Memantau kelancaran mudik Lebaran, Wakil Guberbur Jawa Timur Emil Dardak melakukan peninjauan di Stasiun Gubeng Baru, Surabaya. Peninjauan ini dilakukan pada Jumat (29/04) siang, Emil bersama Executive President KAI DAOP 8 yaitu Heri Siswanto dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono, menyempatkan diri untuk menyapa dan berbincang dengan para penumpang.

“Tadi baru saja kita naik kereta sebentar menyapa para penumpang Kereta Api Ranggajati yang jurusannya dari Cirebon ke Jember, ada yang dari Jogja, ada yang dari Kebumen menggunakan kereta ini untuk langsung pulang ke Jember,” ucap Emil.

Mantan Bupati Trenggalek tersebut mengatakan bahwa Surabaya merupakan kota metropolis di Jawa Timur, sehingga banyak menjadi tujuan untuk para perantau.

“Jawa Timur adalah daerah yang baik karena Surabaya adalah kota metropolis. bukan saja kita menjadi kota tujuan tetapi juga asal daripada pemudik,” sambungnya.

Politikus Demokrat itu mengatakan bahwa sebelum menaiki kereta, para penumpang sudah melakukan rapid antigen dan mendapatkan vaksinasi booster.

“Kami melihat rata-rata para penumpang sudah melakukan vaksin booster terlebih dahulu dan kita lihat bahwa kereta ini semuanya nyaman dan sudah ada fasilitas vaksinasi booster dan rapid antigen,” tuturnya.

Pria berusia 38 tahun tersebut lantas mengapresiasi pelayanan dari KAI untuk menunjang kelancaran dan kenyamanan mudik pada tahun ini.

“Kita lihat pelayanannya baik, dan juga berbagai elemen masyarakat ikut berpartisipasi seperti Pramuka untuk membantu memberikan pelayanan informasi yang baik kepada para penumpang, alhamdulillah kita lihat walaupun animonya tinggi tetap kursi tersedia untuk orang yang menunggu keberangkatan,” ungkapnya.

Pria lulusan Universitas Ritsumeikan Jepang ini juga menjelaskan bahwa antusiasme warga yang akan berangkat mudik lebaran kali ini cukup tinggi, tingginya antusias warga tersebut juga tidak mengganggu para penumpang yang sedang menunggu keberangkatan.

Antusiasme warga yang sedang melakukan perjalanan mudik menuju kampung halaman terlihat dari data yang telah dijelaskan oleh Wakil Gubernur Jatim tersebut, selain kereta pemudik juga menggunakan jasa transportasi lainnya.

“Saya lihat animo mudik tahun ini tentu jauh lebih tinggi dari sebelumnya, utamanya bus dan kendaraan pribadi meningkat luar biasa. Kami juga menyediakan mudik gratis 4000 itu sudah hampir terpenuhi semua,” tuturnya.

“Untuk kendaraan pribadi utamanya mobil ada peningkatan 13 sampai 18 persen yang keluar dari Gerbang Tol Surabaya menuju keluar, ini peningkatan yang signifikan sedangkan untuk peningkatan totalnya sekitar 30 sampai 35 persen yang diperkirakan peningkatan arus keluar masuk di jalan raya,” sambungnya.

Untuk menanggulangi kemacetan yang akan terjadi ketika arus mudik ini, suami Arumi Bachsin ini menjelaskan bahwa Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa telah melakukan pemetaan terhadap 200 pos yang telah disediakan dengan menggandeng pihak kepolisian.

“Kita akan terus berkoordinasi dengan Korlantas, dan juga apabila memang diperlukan rekayasa lalin tetapi yang sifatnya lokal-lokal dikoordinir dengan Dishub setempat, seperti tempat wisata perlu ada rekayasa lalin itu mungkin saja ada tapi sifatnya mikro,” ungkapnya.

Politikus yang berusia 38 tahun tersebut menghimbau para pemudik untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan menyiapkan berbagai kebutuhan saat perjalanan mudik.

“Pertama, protokol kesehatan masih berlaku jadi tetap jaga kesehatan. Bagi yang berpuasa tentunya tetap menjaga kondisi dan kalau buka puasa menyediakan bekal minimal minum untuk bisa kemudian memenuhi kebutuhan ditengah jalan,” ucapnya.

Sebagai penutup, Emil Dardak menjelaskan bahwa para pemudik juga harus menyiapkan kelayakan kendaraan bermotor untuk menunjang kelancaran mudik Lebaran 2022 ini. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment