Home Bisnis dan Ekonomi Rapat Anggota Tahunan Kopontren Nurul Hijrah Dapat Apresiasi dan Pujian Dari Dinkop-UMKM Hingga Kementrian

Rapat Anggota Tahunan Kopontren Nurul Hijrah Dapat Apresiasi dan Pujian Dari Dinkop-UMKM Hingga Kementrian

by Redaksi
0 comment

Nusajawa.id – Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kewajiban setiap koperasi, karena merupakan wujud dari pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya.

Pelaksanaan RAT oleh koperasi diharapkan bisa dilaksanakan diawal waktu, yaitu antara bulan Januari sampai dengan maret. Karena dengan dilaksanakannya RAT diawal waktu, bisa menjadi salah satu indikator bahwa koperasi tersebut dikelola dengan baik.

Demikian sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah  Propinsi Kalimantan Selatan H Gusti Yanuar Rifai,  saat  acara RAT KOPONTREN NURUL HIJRAH   Tahun Buku 2021  yang dilaksanakan pada Sabtu tanggal 26 Maret  2022 bertempat di Aula Pondok Pesantren  Nurul Hijrah Jorong Tanah Laut.

Rifai menambahkan RAT (Rapat Anggota Tahunan) adalah merupakan salah satu bentuk kepatuhan dan tanggungjawab kita sebagai komponen organisasi dalam melaksanakan kewajiban dan hak-hak kita sebagai pengurus maupun anggota. RAT ini merupakan momen yang sangat penting sebagai forum untuk  mengevaluasi program di tahun lalu dan melihat kedepan untuk menyusun program kerja baru dalam melaksanakan tujuan koperasi.

” Dinas Koperasi Dan UKM Propinsi mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Kopontren Nurul Hijrah  yang sudah melaksanakan RAT Tepat waktu,  dan memberikan hasil yang baik kepada anggota” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Dirjen Kementerian  Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Talhah Badrus, yang mewakili Menteri Koperasi . Talhah merasa bangga ada Koperasi Pondok Pesantren di daerah,  yang berprestasi dan memberikan manfaat bagi warga masyarakat,  anggota koperasi dan Pondok Pesantren.  “Kementerian Koperasi menyiapkan beberapa program untuk kemandirian ekonomi pondok pesantren dan juga UKM.  Silakan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi Kabupaten Kota maupun Propinsi untuk mensinergikan kegiatan” tuturnya.

Koperasi Pondok Pesantren Nurul Hijrah tahun buku 2021 membukukan pendapatan sebesar 17.377.532.583 mengalami kenaikan sebanyak 28,96% dari tahun lalu.  Kenaikan terbanyak didapat dari unit usaha plasma kelapa sawit.

Ketua Koperasi Pondok Pesantren Nurul Hijrah Edy Setyo Utomo. dalam laporannya menerangkan keberhasilan pencapaian kinerja yang baik,  atas kerjasama semua pihak. Pengurus,  Pengawas , pihak perusahaan PT CPKA dan juga anggota Kopontren. ” Alhamdulillah rahun 2022 Koperasi Pondok Pesantren Nurul Hijrah mendapat dua Penghargaa. Yaitu dari Dinas Koperasi dan Perdagangan Kab Tanah Laut sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Kabupaten Tanah Laut. Dan di Dinas Perkebunan sebagai Koperasi pengelola plasma terbaik.  ” ujar Edy.

RAT Kopontren dipimpin oleh 4 orang dari anggota. Yang masing masing memimpin sidang sidang.  Ke empat anggota tersebut yaitu Supianur,  Asmaun,  Sunaryo dan Marjana.  RAT memutuskan benerapa hal diantaranya menerima laporan pertangungjawaban pengurus dan pengawas,  serta menyetujui RK RAB tahun 2022.

Anggota Kopersi yang ditemui media H Nurseri menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pengurus dan pengawas,  sehingga bisa memperoleh penghargaan.  Dan diakui Nurseri selaku anggota merasakan manfaat dan hasil yang maksimal dari Kopontren.  ,” Saya juga mempunyai plasma ditempat lain, tapi hasilnya tidak sebagus Kopontren Nurul Hijrah” katanya.

Pesan Nurseri pengurus jangan cepat puas dengan prestasi yang dicapai. tetapi jadikan penghargaan itu sebagai penyemangat untuk berbuat yang lebih baik lagi, kami anggota siap memberikan semangat kepada semua pengurus , manager dan pengawas. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment