Home News Puti Guntur Silaturahmi Kebangsaan Dengan 450 mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar

Puti Guntur Silaturahmi Kebangsaan Dengan 450 mahasiswa Penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar

by Redaksi
0 comment 3 menit read

Surabaya, NusaJawa.id – Anggota komisi X DPR RI Puti Guntur Soekarno menggelar silahturahim kebangsaan bersama 450 mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari kuliah jaring aspirasi serta perkumpulan rumah budaya di Gedung Wanita, Surabaya.

Cucu Presiden RI pertama, Puti Guntur Soekarno konsisten meningkatkan pedidikan. Puti menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa dari Perguruan Tinggi (PT) negeri maupun swasta di Jawa Timur.

Program bernama Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah ini diberikan kepada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri atau swasta. Ada sekitar 450 mahasiswa yang mendapatkan program KIP Kuliah ini. Mereka telah melalui seleksi untuk mendapatkan program pemerintah yang disalurkan melalui Puti, Anggota Komisi X DPR RI ini.

“Program ini saya kawal dari pemerintah untuk disalurkan ke mahasiswa yang membutuhkan,” kata Puti Guntur Soekarno.

Jumlah biaya pendidikan yang diberikan, ujarnya, sesuai dengan prodi masing-masing PT. Untuk prodi berakreditasi A, mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka mendapatkan maksimal Rp12 juta/mahasiswa. Kemudian, prodi berakreditasi B bisa mendapatkan maksimal Rp4 juta/mahasiswa. Sementara itu, prodi berakreditasi C bisa mendapatkan maksimal Rp2,4 juta/mahasiswa.

Untuk mendapakan beasiswa ini, Puti menegaskan butuh persyaratan-pesyaratan yang harus dilengkapi. Yang paling penting, mahasiswa tersebut memiliki prestasi dan dari keluarga kurang mampu. “Kita prioritaskan kepada mahasiswa kurang mampu dan memiliki prestasi baik,” ujarnya.

Mahasiswa yang mengajukan harus membuktikan kalau orang tuanya memiliki pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000. “Persyaratan ini sangat penting, kita lakukan pengecekan dengan serius,” papar Puti.

Untuk persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah :

1. Siswa SMA/SMK/Sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya

2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

3.Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada program studi (prodi) yang telah terakreditasi

Jika persyaratan-persyaratan tersebut dipenuhi, Puti mengaku akan mengawal pengajuan secara serius ke pemerintah. “Anak muda itu generasi penerus bangsa, saya konsisten meningkatkan kemampuan mahasiswa,” tegas dia.

Puti menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa dari Perguruan Tinggi (PT) negeri maupun swasta di Jawa Timur.

Jesica, Mahasiwa Unair yang menerima beasiswa mengaku sangat senang. Menurutnya, apa yang dilakukan Puti merupakan bentuk nyata perhatian terhadap mahasiswa. Bantuan tersebut sangat membantu keberlangsungan kuliah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Puti yang memperjuangkan hak kami, sehingga kami bisa kuliah. Dengan bantuan ini, kami tidak akan menyia-nyiakan, baik di akademik maupun non-akademik, dan akan berusaha komitmen serta aktif dalam kemahasiswaan dengan ideologi seperti bung Karno,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji, mengucapkan selamat kepada para penerima KIP. Ia turut berpesan agar generasi muda tidak takut untuk masuk ke dunia politik, karena negeri ini memerlukan pemikiran-pemikiran kreatif untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik.

“Saya ucapkan selamat bagi mereka yang telah mendapat beasiswa KIP jaring aspirasi. Generasi muda ini adalah generasi milenial yang akan bisa menggantikan kita ini,” ujar Armuji. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment