Home Pendidikan Nadiem Makarim: Bahasa Indonesia Lebih Layak Jadi Bahasa Resmi ASEAN

Nadiem Makarim: Bahasa Indonesia Lebih Layak Jadi Bahasa Resmi ASEAN

by Redaksi
0 comment

Nusajawa.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyerukan Bahasa Indonesia lebih layak dijadikan bahasa resmi negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

Hal tersebut seperti dipublikasikan di akun media sosial Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi @ditjen.diktiristek dikutip Jumat (15/04).

“Bahasa Indonesia lebih layak untuk dijadikan bahasa resmi ASEAN,” ujar Nadiem. Nadiem juga memberikan imbauan kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan aksi bela bahasa Indonesia. Serta mendukung gerakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua ASEAN.

Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek lantas membeberkan mengapa bahasa Indonesia bisa dijadikan bahasa resmi ASEAN.

Pertama, Bahasa Indonesia merupakan bahasa terbesar di Asia Tenggara. Persebaran bahasa Indonesia bahkan tersebar hingga ke mancanegara. Di antaranya 47 negara dan 428 lembaga di seluruh dunia menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA).

“Kedua, menjadi mata kuliah di sejumlah kampus kelas dunia (Eropa, Amerika Serikat, Australia, dan Asia),” tulisnya.

Sebelumnya, Nadiem sempat menolak usulan Bahasa Melayu sebagai bahasa resmi ASEAN. Usulan itu awalnya diprakasai oleh Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, berniat menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa kedua ASEAN.

You may also like

Leave a Comment