Home Seni dan Budaya Menjaga Eksistensi Museum sebagai Sarana Edukasi

Menjaga Eksistensi Museum sebagai Sarana Edukasi

by Redaksi
0 comment

Jakarta, Nusajawa.id – Museum memiliki sejumlah fungsi yang sangat strategis. Karena itu, selain harus dilestarikan dan dilindungi, museum juga harus dikembangkan, dikelola dan disosialisasikan agar dapat meningkatkan antusiasme masyarakat untuk berkunjung sehingga menjadi sarana edukasi.

“Museum sebagai produk budaya harus kita lestarikan, dan itu memerlukan perhatian dari semua pihak. Tentu dengan adanya asosiasi museum yang ikut mengawal sangat diperlukan untuk memperhatikan kondisi museum di Tanah Air,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga, Didik Suhardi, dikutip dari laman Kementerian PMK, Selasa (19/07).

Museum, ungkap dia, juga berfungsi sebagai sarana pendidikan untuk anak-anak. Di museum, anak dapat belajar tentang benda-benda bersejarah yang ada di dalamnya, sehingga mereka menjadi paham. Oleh karena itu, sangat penting pembelajaran di sekolah bisa mengaitkan secara kontekstual pelajaran-pelajaran yang bisa dikaitkan dengan museum, sehingga pemanfaatan museum sebagai khazanah budaya bangsa betul-betul bisa diimplementasikan dengan baik.

Fungsi selanjutnya, museum sebagai tempat ekspedisi. Dalam hal ini, bisa dilakukan di sela-sela museum untuk dijadikan tempat pameran kebudayaan, lomba-lomba serta kegiatan-kegiatan yang bisa dikaitkan dengan permuseuman, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Saya berharap pengelolaan, pengembangan, pemanfaatan, sosialisasi serta masukan dari masyarakat untuk museum di Indonesia perlu ditingkatkan, agar bisa menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi, tempat belajar tentang kebudayaan serta tempat yang nyaman untuk berwisata sejarah,” tambah Didik.

Ia juga mengungkapkan, museum sebagai simpul strategis untuk jati diri bangsa juga dapat menjadi tempat pengembangan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Hal ini bisa dilakukan melalui perbaikan etos kerja, gotong royong dan integritas melalui proses yang dilakukan secara terus-menerus.

Dengan cara ini, budaya kita akan terus berkembang dan Indonesia pun siap menjadi bangsa yang besar. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment