Home Bisnis dan Ekonomi Kominfo Buka Sementara Blokir Paypal, Pengguna Diberi Waktu Hingga 5 Agustus 2022 Pindahkan Aset ke Platform Lain

Kominfo Buka Sementara Blokir Paypal, Pengguna Diberi Waktu Hingga 5 Agustus 2022 Pindahkan Aset ke Platform Lain

by Redaksi
0 comment

Nusajawa.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan waktu bagi pengguna Paypal hingga 5 Agustus 2022 untuk memindahkan aset yang dimiliki ke platform lain yang tersedia.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan normalisasi akses sementara.

“Saya harapkan masyarakat benar-benar memanfaatkan waktu yang kami berikan, dari Pemerintah, 5 hari kerja, untuk melakukan migrasi,” kata Semuel dalam keterangan resminya, Senin 1 Agustus 2022.

Normalisasi ini akan diterapkan sampai dengan tanggal 5 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB.

Secara bersamaan, Kemenkominfo juga terus berupaya melalukan komunikasi dengan pihak Paypal dan menunggu proses pendaftaran perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan pemutusan akses (blokir) terhadap sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Tercatat 7 PSE yang diputus aksesnya yaitu Paypal, Steam, Dota, CS Go, Yahoo, Origin.com dan epicGames. Sejak sebelum batas waktu pendaftaran sampai saat ini, Kemenkominfo masih melakukan berbagai upaya untuk dapat menghubungi para PSE tersebut.

Sebagai update terbaru, hingga 31 Juli 2022 pukul 08.00 WIB, sudah ada 9.039 sistem elektronik yang terdaftar, dan didaftarkan oleh 5.453 PSE.

Adapun proses pendaftaran PSE merupakan suatu proses yang sangat penting untuk menjaga dan memperkuat tata kelola ruang digital Indonesia.

Proses pendaftaran ini sebetulnya bersifat administratif, sederhana dan tidak berbayar (gratis). Sosialisasi atas kebijakan ini juga telah dilakukan sejak kurang lebih 1,5 tahun yang lalu. Jika PSE mengalami kendala pendaftaran pun, Kemenkominfo menyediakan bantuan dan pendampingan teknis. (NJ/red)

 

You may also like

Leave a Comment