Home Politik dan Pemerintahan Kabar Gembira, Komisi VIII Sebut RI Dapat Tambahan Kuota 10 Ribu Jemaah Haji Tahun Ini

Kabar Gembira, Komisi VIII Sebut RI Dapat Tambahan Kuota 10 Ribu Jemaah Haji Tahun Ini

by Redaksi
0 comment

Jakarta, Nusajawa.id –  Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyebut Indonesia bakal mendapat tambahan 10 ribu kuota haji. Ia mengungkap tambahan itu akan berlaku pada musim haji tahun ini.
“Jadi kita dapat kabar dari kementerian agama tadi malam, ada penambahan 10.000 kuota haji dari Kerajaan Saudi untuk Indonesia. [Untuk] Musim haji sekarang,” ucapnya pada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (22/06).

Yandri mengimbau pemerintah mesti berhati-hati dan tak terburu-buru dalam menyikapi penambahan kuota haji dari Saudi tersebut. Pasalnya, harus ada payung hukum dari parlemen agar Kementerian Agama (Kemenag) bisa melakukan realisasi penambahan jemaah haji.

“Maka besok insya Allah jam 9 pagi kami akan melakukan rapat kerja dengan Kementerian Agama,” ucap Yandri.

Lebih jauh, ia menyebut rapat itu dilakukan untuk menyusun persiapan realisasi kuota tambahan dengan waktu yang singkat. Setidaknya, menurut Yandri, pemerintah hanya memiliki waktu kurang lebih satu pekan.

“Kita tahu banyak sekali yang mau berangkat haji termasuk haji khusus dan lain sebagainya. Mungkin ini ada berkahnya sehingga mereka yang sangat ingin ke tanah suci bisa ditampung melalui penambahan kuota 10 ribu,” kata Yandri.

Yandri mengklaim nama-nama yang masuk menjadi jemaah haji tambahan akan diumumkan besok Kamis (23/6).

“Besok kita umumkan terus nanti siapa yang mengambil kuotanya mungkin para travel haji, atau travel-travel yang selama ini urus haji khusus ya, mereka mungkin bisa memanfaatkan kuotanya dengan maksimal,” kata dia.

Dikonfirmasi terpisah, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Hilman Latief belum mau mengonfirmasi secara lugas mengenai tambahan kuota haji tersebut.

“Saat ini Kemenag menunggu surat resmi,” katanya singkat. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment