Home Gaya Hidup Hari ini, Jokowi Serahkan Bonus untuk Peraih Medali di Sea Game Ke-31 Vietnam

Hari ini, Jokowi Serahkan Bonus untuk Peraih Medali di Sea Game Ke-31 Vietnam

by Redaksi
0 comment
Presiden Jokowi Serahkan Bonus Bagi Atlet Peraih Medali SEA Games Ke-31 Vietnam

Jakarta, Nusajawa.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-31 Vietnam, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/06). Jokowi mengaku bangga atas raihan medali yang berhasil dibawa pulang oleh para atlet ke Tanah Air.

“Dari 499 atlet, 408 memperoleh medali. Artinya, 82 persen atlet yang kita kirimkan ini membawa medali pulang ke Tanah Air,” ujar Jokowi.

Tak hanya kepada para atlet, Jokowi juga memberikan apresiasi kepada pelatih, dan asisten pelatih yang telah mengharumkan nama Indonesia. “Para atlet yang kita berikan kurang lebih Rp 130,5 miliar, kemudian untuk pelatih dan asisten pelatih Rp 32 miliar, sebuah angka yang juga tidak sedikit,” tambahnya.

Adapun bonus dan apresiasi secara simbolis diberikan Jokowi kepada para perwakilan atlet peraih medali dari sembilan cabang olahraga, yaitu:

1. Ihram, peraih medali emas tunggal cabang olahraga dayung mendapatkan bonus sebesar Rp 500 juta.

2. Riau Ega, peraih medali emas ganda cabang olahraga panahan mendapatkan bonus sebesar Rp 400 juta.

3. Derrick Michael Xzavierro, peraih medali emas beregu cabang olahraga bola basket mendapatkan bonus sebesar Rp 350 juta.

4. Ceyco Georgia Zefanya, peraih medali perak tunggal cabang olahraga karate mendapatkan bonus sebesar Rp 300 juta.

5. Susanto Megaranto, peraih medali perak ganda cabang olahraga catur mendapatkan bonus sebesar Rp 240 juta

6. Dhita Juliana, peraih medali perak beregu cabang olahraga voli pantai mendapatkan bonus sebesar Rp 210 juta.

7. Azzahra Permatahani, peraih medali perunggu tunggal cabang olahraga renang mendapatkan bonus sebesar Rp 150 juta.

8. Raudani Fitra, peraih medali perunggu ganda cabang olahraga kano mendapatkan bonus sebesar Rp 120 juta.

9. Gian Kurnadi, peraih medali perunggu beregu cabang olahraga esport mendapatkan bonus sebesar Rp 105 juta.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menuturkan pentingnya membangun ekosistem olahraga dengan kerja fokus untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Menurutnya, meski jumlah atlet yang dikirimkan tidak sebanyak pada gelaran SEA Games sebelumnya, tetapi hasil yang diperoleh pada tahun ini meningkat.

“Kalau kita lihat, seperti yang saya sampaikan sebelum berangkat, 2015 kita peringkat ke-5, 2017 peringkat ke-5, 2019 peringkat ke-4, dan sekarang kita masuk peringkat ke-3 meskipun kita hanya mengirimkan 499 atlet,” lanjutnya.

Jokowi berharap prestasi para atlet yang berlaga di SEA Games ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para atlet lain untuk terus berjuang dalam mengharumkan nama bangsa dan negara.

“Semoga ini memberikan inspirasi, memberikan motivasi, kepada atlet-atlet yang lain untuk nantinya di ajang internasional apapun bisa mengharumkan nama bangsa dan negara,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada ajang SEA Games ke-31 Vietnam, kontingen Indonesia berhasil meraih 69 medali emas, 91 medali perak, dan 81 medali perunggu. Dengan raihan tersebut, kontingen Indonesia berada di peringkat ketiga perolehan medali, di bawah tuan rumah Vietnam di posisi pertama dan Thailand di posisi kedua.

Derrick Michael Xzavierro, perwakilan tim basket yang meraih medali emas mengaku bangga bisa membawa nama bangsa Indonesia di SEA Games ke-31. Timnas basket Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas untuk pertama kalinya di ajang SEA Games setelah mengalahkan langganan juara Filipina dengan skor 85-81.

“Perasaan pasti bangga banget. Senang satu tim, kita bisa mendapatkan medali emas. Pastinya kita bangga bawa nama Indonesia. Perasaannya senang banget,” ucap Derrick. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment