Home Bisnis dan Ekonomi Genap Setahun Beroperasi, KRL Yogyakarta-Solo Layani 2,2 Juta Penumpang

Genap Setahun Beroperasi, KRL Yogyakarta-Solo Layani 2,2 Juta Penumpang

by Redaksi
0 comment 1 menit read

Yogyakarta, Nusajawa.id – Genap berusia setahun, KRL Yogyakarta-Solo yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 1 Maret 2021 lalu, telah melayani 2,2 juta penumpang.

Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar menuturkan, sejak awal beroperasi hingga Februari 2022, KRL Yogyakarta-Solo beroperasi dengan 20 perjalanan per hari. Tren volume pengguna setiap bulannya pun terus meningkat, kecuali pada Juli dan Agustus saat pemerintah memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di sejumlah wilayah, termasuk Yogyakarta dan Solo.

“Secara bulanan, volume pengguna KRL tertinggi tercatat pada Desember 2021 dengan 290.618 pengguna atau rata-rata 9.375 pengguna per hari,” ujarnya melalui siaran pers, Selasa (01/03).

Pencapaian ini merupakan hasil KAI Commuter yang terus meningkatkan operational excellence, antara lain dua rangkaian yang terdiri dari empat kereta pada setiap rangkaiannya (SF 4). Namun mulai April, rangkaian dengan delapan kereta pada setiap rangkaiannya (SF 8) telah mulai beroperasi di lintas ini. Kemudian pada Mei 2021, tiga rangkaian KRL yang setiap harinya beroperasi seluruhnya telah menggunakan SF 8.

Dengan pembukaan stasiun ini, akses masyarakat menuju transportasi publik pun jadi semakin dekat dan mudah. Sejumlah fasilitas layanan pengguna, terutama di stasiun-stasiun yang baru dibuka juga telah dilengkapi. KAI Commuter antara lain membangun toilet yang sesuai standar pelayanan minimum (SPM) di Stasiun Brambanan, Srowot, Ceper, Delanggu, dan Gawok. Di Stasiun Gawok, KAI Commuter juga membuat area parkir kendaraan bermotor.

Sementara, di Stasiun Yogyakarta, KAI Commuter membangun hall khusus pengguna KRL sehingga lebih nyaman saat antre masuk stasiun.

Fasilitas stabling di Solo kini dapat mengakomodir dua rangkaian kereta SF 8, sekaligus sebagai tempat perawatan harian KRL. Sedangkan PUKRL di Klaten dapat menangani perawatan bulanan seluruh rangkaian KRL yang ada di Yogyakarta–Solo. PUKRL juga diawaki teknisi perawatan sarana dari KAI Commuter yang profesional dan tersertifikasi serta didukung peralatan kerja yang lengkap. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment