Home Bisnis dan Ekonomi Erick Thohir Prediksi Ekonomi Digital RI Tembus Rp 4.300 Triliun di 2030

Erick Thohir Prediksi Ekonomi Digital RI Tembus Rp 4.300 Triliun di 2030

by Redaksi
0 comment

Nusajawa.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meyakini potensi ekonomI digital Indonesia akan terus membesar. Ia memprediksi, potensi ekonomi digital Indonesia bisa tumbuh delapan kali lebih cepat dibandingkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB).

Kontribusi ekonomi digital Indonesia terhadap PDB saat ini sekitar 4 persen dan diproyeksikan pada 2030 akan menjadi 18 persen. Dengan demikian pada 2030, nilai ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai Rp 4.300 triliun.

“Ini luar biasa, pada 2030 kita akan mempunyai sebesar Rp 4.300 triliun. Ini merupakan potensi yang harus kita pertahankan selain sumber daya alam (SDA),” kata Erick dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022, Selasa (22/03).

Erick juga mengatakan, ekonomi digital Indonesia juga berpotensi tumbuh lebih tinggi dibandingkan negara ASEAN lainnya, dari sisi gross merchandise value (GMV).

“Kalau kita lihat, di Asia Tenggara kita pun terbesar dan akan terus tumbuh, tetapi ini secara marketnya. Artinya inovasi investasi di startup harus mulai diseimbangkan kepada Indonesia sehingga tidak hanya menjadi market,” tegas erick.

Mantan bos Inter Milan ini juga mengatakan, sangat penting apabila Indonesia memiliki roadmap sendiri, bukan roadmap dari negara lain agar dapat memastikan pertumbuhan dan terciptanya lapangan kerja ada di Indonesia.

“Kita tidak anti asing tetapi penting sekali kita harus ada roadmap Indonesia bukan roadmap Cina, bukan roadmap Amerika, tetapi roadmap Indonesia,” katanya. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment