Home Hiburan Enea Bastianini Juarai MotoGP Qatar, Quartararo Siap Balas di Mandalika

Enea Bastianini Juarai MotoGP Qatar, Quartararo Siap Balas di Mandalika

by Redaksi
0 comment 2 menit read

Nusajawa.id – Enea Bastianini mengejutkan publik penikmat MotoGP. Meski tak diunggulkan pembalap Gresini Racing ini meraih kemenangan bersejarah MotoGP Qatar 2022 di Sirkuit Losail, Minggu (06/03). Sementara Juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo terpuruk.

Fabio Quartararo kini berambisi membalas dendam atas kegagalannya di Losail. Ia akan membidik hasil lebih baik dalam seri kedua di MotoGP Mandalika.

Quartararo mengalami start yang kurang meyakinkan di MotoGP 2022 dengan menempati peringkat kesembilan, Minggu (6/3/2022). Pembalap asal Prancis ini menyelesaikan balapan dalam tempo 42 menit, 23 detik atau terpaut 10,536 detik dari Enea Bastianini.

Ini penurunan dibanding musim sebelumnya. Musim lalu Quartararo naik ke podium dengan status peringkat ketiga. Ketika itu kecepatan pembalap 22 tahun ini terpaut 1.092 detik dari Maverick Vinales.

“Saya memberikan segalanya. Mari tetap fokus, jaga motivasi, dan bawa energi positif dalam balapan berikutnya di Mandalika,” kata Quartararo melalui media sosial Instagram, Senin (07/03)

Penunggang motor YZR-M1 dari Monster Energy Yamaha MotoGP ini patut percaya diri di Mandalika. Dalam tes pramusim pada Februari lalu, catatan Quartararo tidak terlalu buruk, meski bukan yang terbaik.

Quartararo mencatatkan waktu 1 menit 31 detik 074 sekon dalam satu putaran Sirkuit Mandalika. Ini menjadi catatan terbaik kedua, atau terpaut 0.014 detik dari pembalap tercepat Pol Espargaro.

Selama tiga hari percobaan dan perkenalan di sirkuit yang memiliki 17 tikungan tersebut, penampilan Quartararo relatif stabil. Sejak hari pertama hingga hari kedua tidak keluar dari lima besar.

Pada hari pertama, Quartararo di posisi ke-5, kemudian pada hari kedua naik ke peringkat keempat, dan akhirnya di hari ketiga kecepatannya meningkat pesat.

 

Enea Bastianini Bikin Kejutan

Enea Bastianini membuat kejutan dan fenomenal dalam penampilannya di MotoGP Qatar 2022, Sirkuit Losail, Qatar. Kemenangan indah bersejarah berhasil diraih. Pembalap 24 tahun itu berhasil mengalahkan Brad Binder dan Pol Espargaro pada balapan di Sirkuit Losail.

Bagi Bastianini hasil di MotoGP Qatar merupakan kemenangan yang emosional. Pasalnya ini kali pertama Gresini meraih kemenangan di MotoGP sejak pemilik tim, Fausto Gresini, meninggal karena Covid-19 pada Februari 2021.

“Emosi yang luar biasa. Sulit untuk berkata-kata saat ini. Saya mendedikasikan kemenangan ini untuk Fausto. Dia sangat menekan saya dari atas langit. Ini kemenangan fantastis untuk semua anggota tim, kami semua menangis,” ujar Bastianini usai balapan.

Dikutip dari Sky Sports, berikut sejumlah fakta menarik usai Bastianini menang MotoGP Qatar 2022:

1. Enea Bastianini merebut kemenangan pertama di kelas MotoGP.

2. Gresini untuk kali pertama sejak GP Portugal 2006 lewat Toni Elias mampu meraih kemenangan di kelas MotoGP.

3. Bastianini menjadi pembalap ke-78 berbeda yang mampu meraih kemenangan di kelas primer Grand Prix (500cc/MotoGP).

4. Bastianini merupakan pembalap ke-25 Italia yang sukses merebut kemenangan di kelas primer Grand Prix. Kemenangan terakhir Bastianini terjadi pada Moto2 Emilia Romagna pada 2020.

5. Sukses Bastianini di MotoGP Qatar juga menjadi kemenangan ke-59 Ducati di kelas primer Grand Prix. Total Ducati sudah meraih 185 podium di kelas MotoGP.

6. Tiga pembalap Italia untuk kali pertama meraih kemenangan di kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP di Sirkuit Losail. Andrea Migno menang Moto3 Qatar 2022 dan Celestino Vietti menang Moto2 Qatar 2022.

7. Total Bastianini sudah meraih 7 kemenangan Grand Prix, 35 podium, dari 140 start balapan.

Selanjutnya balapan akan digelar di MotoGP Mandalika 2022, 18-20 Maret mendatang. Live streaming MotoGP Mandalika bisa disaksikan melalui CNNIndonesia.com dan siaran langsung melalui Trans7. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment