Home Bisnis dan Ekonomi Bank Mandiri-Pos Indonesia Kerja Sama Layanan Keuangan dan Kurir

Bank Mandiri-Pos Indonesia Kerja Sama Layanan Keuangan dan Kurir

by Redaksi
0 comment

Nusajawa.id – Bank Mandiri berkerja sama dengan Pos Indonesia meresmikan kerja sama bisnis model lintas keagenan antara Mandiri Agen, yang merupakan mitra usaha Bank Mandiri dan Agen Pos mitra usaha Pos Indonesia.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan inklusivitas layanan keuangan dan layanan kurir.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengatakan, Bank Mandiri saat ini telah didukung lebih dari 100.000 jaringan Mandiri Agen yang tersebar di seluruh Indonesia dan siap memberikan berbagai layanan keuangan kepada masyarakat.

“Begitu pun Pos Indonesia yang telah memiliki jaringan layanan kantor Pos dan Agen Pos yang representatif di seluruh Indonesia. Dengan kerja sama ini, ada potensi jaringan layanan agen dapat tumbuh berkembang bersama-sama,” ujar Josephus dalam keterangannya yang diterima redaksi Sabtu, (07/05)

Ia optimistis, sinergi ini dapat memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi para mitra usaha Bank Mandiri dan Pos Indonesia untuk mengembangkan usahanya.

Di sisi lain, ia menyebutkan langkah ini adalah upaya untuk peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan layanan jasa kurir di Indonesia.

“Kerja sama ini sangat menguntungkan bagi berbagai pihak, terutama untuk Mandiri Agen dan Agen Pos, di mana Mandiri Agen yang memberikan layanan keuangan seperti pembukaan rekening dan transaksi tarik setor tunai nantinya juga bisa menjadi Agen Pos yang memberikan layanan jasa kurir seperti pengiriman paket baik domestik maupun internasional. Tentunya ini dapat menambah penghasilan para agen dan membantu pengembangan usahanya,” ungkapnya.

Kerja sama antara dua BUMN ini dalam bentuk pemanfaatan jaringan masing-masing agen untuk memberikan layanan keuangan dan layanan kurir yang inklusif.

Ia menjabarkan, kolaborasi juga untuk meningkatkan kemudahan operasional agen dan konsumen dalam mengakses layanan keuangan dan layanan kurir serta kolaborasi paket produk (product bundling) dalam rangka pemberdayaan masyarakat terutama UMKM.

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana mengatakan, kerja sama antara Pos Indonesia dan Bank Mandiri sejalan dengan transformasi bisnis yang sedang dilakukan PT Pos Indonesia.

Menurutnya, kolaborasi ini bukti konkret dukungan Pos Indonesia kepada pelaku UMKM, dalam upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan kurir.

“Melalui kerja sama ini, jaringan cross agent dua BUMN akan semakin luas dan masif. Di sisi lain, akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan kurir semakin mudah. Tentu ini akan memudahkan masyarakat terutama pelaku UMKM lebih maju dan berkembang,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, cross agent ini menawarkan layanan one stop service. Nantinya, cross agent akan dapat melayani transaksi perbankan, juga dapat melakukan kegiatan kurir dan logistik.

Berdasarkan catatannya, saat ini PT Pos Indonesia memiliki jaringan lebih dari 4.800 kantor, 8.891 Agen Pos, serta puluhan ribu agen yang terhubung dengan berbagai layanan Pos Indonesia. Selain itu, Pos Indonesia juga memiliki jangkauan ke ratusan negara di dunia. (NJ/red)

 

You may also like

Leave a Comment