Home Teknologi 5 Cara agar Whatsapp Terlihat Offline Saat Sedang Aktif

5 Cara agar Whatsapp Terlihat Offline Saat Sedang Aktif

by Redaksi
0 comment
5 Cara agar Whatsapp Terlihat Offline Saat Sedang Aktif

Nusajawa.id – Pada saat- saat tertentu pengguna WhatsApp tentu punya keinginan menonaktifkan WhatsApp sementara. Hal ini bisa dikarenakan pengguna ingin sedikit mengambil waktu untuk berlibur, cuti berakhir pekan sehingga tidak ingin terganggu oleh aktifitas apapun.

Namun terkadang disituasi tertentu pengguna terpaksa untuk membuka WhatsApp karena situasi mendesak dan penting. Untuk mengakali situasi tersebut maka pengguna WhatsApp mencari cara agar dapat menggunakan WhatsApp tetapi tetap terlihat offline.

Untuk itu ada beberapa cara dibawah ini yang bisa dipakai untuk mengatur agar WhatsApp terlihat offline, meski sebenarnya sedang online atau digunakan sebagaimana dilansir dari berbagai sumber. Silahkan disimak beberapa caranya berikut ini:

1. Menulis Status offline di WhatsApp

Cara ini bertujuan untuk menghindari gangguan dari kenalan anda di Whatsapp. Caranya cukup mudah yakni silahkan buka akun Whatsapp kemudian klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.

Kemudian pilih “ Settings”. Lalu tap pada nama profil Whatsapp anda. Pilih opsi “About”. Selanjutnya tap ikon pensil dan tuliskan status “Offline X”. Kemudian klik “Save”.

2. Matikan fitur “Last Seen” sehingga terlihat Offline.

Fitur “Last Seen” sering muncul dibawah nama akun pengguna WhatsApp. Oleh karena itu jika fitur tersebut aktif maka akan diketahui oleh kenalan di anda di Whatsapp bahwa anda sedang aktif.

Untuk mematikan fitur tersebut caranya buka WhatsApp, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih “Settings”. Kemudian pilih “Accounts”.

Langkah selanjutnya klik “Privacy”. Lalu perhatikan pada bagian “Who can see my personal info dan kemudian klik “Last seen”. Langkah selanjutnya pilih “Nobody” untuk menonaktifkan “Last seen” ke seluruh kontak.

3. Matikan Background Data Whatsapp

Cara berikutnya adalah mematikan background data pada aplikasi WhatsApp sehingga internet tidak akan terhubung dengan aplikasi.

Untuk cara mematikan bisa dilakukan dengan memilih menu pengaturan “background data”, dengan cara Masuk ke menu “Settings” di ponsel Android. Lalu klik pilihan “Apps”. Selanjutnya pilih opsi “Manage apps”.

Lalu cari aplikasi “WhatsApp”, kemudian pilih “Data usage”. Langkah selanjutnya silahkan geser toggle “Background data” ke arah kiri untuk mematikan.

Cara ini bisa dilakukan pada android 9 sementara untuk android lain mungkin akan memiliki tata letak pengaturan yang sedikit berbeda.

4. Nonaktifkan fitur centang biru

Selanjutnya cara yang bisa dipakai agar terlihat offline ketika sedang online adalah dengan menonaktifkan fitur centang biru pada Whatsapp.

Caranya buka WhatsApp lalu Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih “Settings”, kemudian pilih “Accounts.”

Selanjutnya klik “Privacy” dan geser toggle “Read receipts” ke sebelah kiri untuk menonaktifkan centang biru.

Namun perlu diketahui ketika fitur centang biru dinonaktifkan maka secara tidak langsung anda tidak bisa melihat centang biru dari pengguna lain.

5. Tidak membuat status Whatsapp

Cara terakhir yang cukup ampuh adalah tidak membuat status untuk sementara waktu, atau memilah beberapa kontak pengguna yang boleh melihat status Whatsapp anda.

Caranya adalah buka WhatsApp lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian pilih “Settings”, lalu pilih “Accounts.” Selanjutnya klik “Privacy” kemudian pilih “Status”. Setelah itu silahkan pilih opis “My contacts.”

Pada opsi ini terdapat dua pilihan yaitu “My contacts except”, atau “Only share with.” Kemudian terakhir setelah memilih salah satu opis anda bisa menglik “Done.” (NJ/JI)

You may also like

Leave a Comment