Home Teknologi 4 Tips Menjaga Jejak Digital sehingga Privasi Tetap Aman Saat Berinternet

4 Tips Menjaga Jejak Digital sehingga Privasi Tetap Aman Saat Berinternet

by Redaksi
0 comment
Ilustrasi Penggunaan Internet (Foto: Kompas)

Nusajawa.id – Saat ini setiap orang tentunya ingin menjaga privasi maupun rahasia pribadinya tetap aman termasuk saat menggunakan internet dan media sosial. Selain itu, menjaga jejak digital mampu mengurangi kejahatan atau tindak kriminal pihak lain yang terkadang tanpa disadari hal itu muncul karena ekspos data pribadi di media sosial.

Salah satu menjaga cara menjaga privasi tetap aman saat menggunakan media sosial ialah mengelola dan menjaga jejak digital tetap bersih.

Jejak digital seperti yang diketahui adalah data yang ditinggalkan setelah pengguna menjelajah internet ataupun media sosial. Karena informasi pengguna yang biasanya bersifat personal maka jejak digital yang ditinggalkan ini akan berbahaya jika tidak dibersihkan.

Untuk itu kali ini akan dibagikan 4 tips menjaga jejak digital tetap bersih dan aman setelah menjelajah internet sebagaimana dilansir dari Instagram @kemenkominfo pada hari Kamis (19/05).

1. Bijak Menggunakan Media Sosial

Saat menggunakan media sosial biasanya pengguna akan membagikan banyak hal baik melalui status maupun dokumen seperti gambar dan video.

Untuk menjaga agar data privasi tetap aman maka pengguna disarankan untuk tidak oversharing dan berlebihan dalam membagikan informasi rahasi serta penting.

2. Hapus Informasi Sensitif

Untuk menjaga jejak digital tetap aman maka silahkan mengecek kembali nama pengguna melalui google.

Jika ditemukan adanya informasi yang sensitif maka sesegera mungkin bisa dihapus sehingga tidak ada lagi jejak digital yang ditinggalkan.

3. Gunakan Password Berbeda di Setiap Akun Media sosial

Cara berikutnya untuk menjaga jejak digital anda tetap bersih dan aman dari kejadian yang tidak diinginkan adalah menggunakan password yang aman. Pastikan password yang digunakan untuk setiap akun berbeda sehingga tingkat keamanan yang didapatkan semakin tinggi.

5. Hindari Membagi Data Pribadi

Tips terakhir ini cukup penting untuk menjaga jejak digital kalian tetap aman. Selalu hindari untuk membagikan informasi dan data pribadi yang sifatnya rahasia seperti alamat, nama keluarga, rekening ATM maupun nomor handphone. (NJ/red)

You may also like

Leave a Comment