Home Teknologi 4 Aplikasi Android Ini Bisa Kita Gunakan untuk Menghitung Zakat

4 Aplikasi Android Ini Bisa Kita Gunakan untuk Menghitung Zakat

by Redaksi
0 comment
Ilustrasi Perhitungan Zakat

Nusajawa.id – Umat muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah selama bulan Suci Ramadan. Untungnya, ada beberapa aplikasi penghitung zakat yang bisa digunakan untuk mengkalkulasi besaran zakat berdasarkan jenisnya.

Berikut beberapa aplikasi kalkulator zakat yang bisa diunduh di platform Android:

1. Zakatpedia

Zakatpedia adalah aplikasi hitung dan pembayaran zakat, infaq, dan sedekah online yang dikelola oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Aplikasi berukuran 8,3 MB ini telah diunduh lebih dari 5.000 kali. Karena aplikasi khusus untuk zakat, infaq, dan sedekah, fitur-itur di dalamnya juga lebih spesifik. Aplikasi Zakatpedia memiliki lebih banyak jenis zakat, seperti zakat pendapatan, zakat tabungan, zakat perniagaan, zakat emas, zakat fitrah, zakat sewa aset, zakat peternakan, zakat perak, zakat pertanian, zakat hadiah, dan fidyah.

Untuk menghitung zakat yang harus dibayarkan, klik ikon kalkulator yang ada di sisi bawah layar. Kemudian pilih jenis zakat yang ingin ditunaikan, dan isi semua kolom yang diperlukan untuk mengkalkulasi zakat. Pengguna bisa bayar zakat online lewat aplikasi Zakatpedia. Selain menghitung dan membayar zakat, pengguna juga bisa melihat hukum dan ketentuan masing-masing jenis zakat.

2. KitaBisa

Platform crowdfunding online KitaBisa dikenal sebagai saluran penggalangan dana bagi masyarakat Indonesia. Aplikasi itu juga memiliki fitur kalkulator zakat untuk menghitung besaran zakat yang harus dibayar. Caranya mudah, cukup buka aplikasi Kitabisa atau situs web kitabisa.com. Kemudian pilih menu zakat > kalulator > pilih jenis zakat yang ingin dibayarkan, apakah zakat maal, zakat profesi, atau zakat fitrah. Dari fitur ini pula, pengguna bisa melakukan bayar zakat online dengan mudah.

3. Tokopedia

Tokopedia juga memiliki fitur zakat yang memudahkan penggunanya menghitung zakat dan membayarkannya langsung dari aplikasi Tokopedia. Fitur ini bisa ditemukan dengan membuka aplikasi Tokopedia > lihat semua > zakat > pilih jenis zakat yang dikehendaki, apakah zakat maal atau zakat fitrah. Untuk menghitung zakat maal, pilih opsi “hitung zakat” dan isi semua kolom yang diperlukan untuk melakukan penghitungan zakat. Setelah muncul nominal zakat yang harus dibayar, pengguna bisa langsung menunaikan zakat lewat aplikasi Tokopedia.

4. BenihBaik

Aplikasi BenihBaik merupakan aplikasi crowdfunding untuk menggalang dana. Aplikasi ini juga memiliki fitur kalkulator zakat dan membayar zakat. Setelah membuka aplikasi, pilih menu zakat > pilih jenis zakat yang dikehendaki, apakah zakat fitrah, zakat maal, profesi, atau infaq. Setelah menghitung besaran zakat yang wajib dibayar, pengguna bisa langsung membayar zakat lewat aplikasi BenihBaik. Aplikasi ini berkerja sama dengan lembaga zakat nasional, seperti Bada Amil Zakat Nasional (BAZNAS), BMM, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa. (NJ/grid)

You may also like

Leave a Comment